Selasa, 25 Agustus 2020

“Melestarikan Hutan Lewat Adopsi Hutan"

"Jagalah Hutan Maka Hutan Akan Menjaga Kita"

#Melestarikan Hutan Lewat Adopsi Hutan

Gambar Pemandangan Hutan Rimba | INTERNET MARKETING DAN BISNIS ONLINE
source: wallpapercave.com ( ilustrasi hutan )

"jika manusia tidak belajar memperlakukan lautan dan hutan hujan dengan hormat maka manusia akan punah" (Peter Benchley)

CERITAKU DENGAN HUTAN 

Ditulisan ini saya akan berusaha menceritakan kekayaan alam yang terkandung di dalam hutan ini dengan tujuan agar masyarakat luas lebih tau betapa kayanya alam indonesia ini. Khusus buat masyarakat Indonesia bila mengetahui lebih tentang kekayaan alam dihutan ini akan merasa bangga akan potensi alamnya. Tentu saja dengan harapan ikut sadar untuk peduli dan menjaga “hutan” kita ini.

Sebagai pribadi yang sangat suka berpetualangan di alam bebas, saya sudah beberapa kali masuk kedalam hutan ini. Pertama kali saya masuk hutan ini dulu sewaktu di pramuka di SMA melakukan kegiatan camping dan tracking di hutan ini kira-kira tahun 2018. Semenjak itu, rasa ketagihan ingin menjelajah hutan ini lebih dalam timbul dalam diri saya hingga saat ini.

Seperti yang saya sebutkan diawal, hutan Idonesia adalah favorit saya, tipe dan karakteristik hutannya sangat menawan. Dengan keadaan hutan yang masih amat sangat terjaga kealaminnya. Ditambah pula dengan keanekaragaman flora dan fauna. Bayangkan saja, saya tidak harus masuk terlalu dalam kehutan sudah disajikan dengan aneka pohon berdiameter raksasa. Pohon meranti salah satu diantaranya, jenis pohon yang biasanya menjadi sasaran utama pembalak hutan ini masih banyak dijumpai dihutan ini dengan ukuran yang besar. Selain itu, banyak jenis satwa lain yang hidup dihutan ini. Beragam jenis burung, mamalia hingga serangga terdapat dihutan ini. Dan yang semakin menambah keistimewaan hutan ini adalah dimana masih terdapat satwa langka di lindungi, sebut saja Orangutan Sumatera (pongo abelii), Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae), Tapir (tapirus indicus), Rangkong Badak (buceros rhiniceros) dan juga berbagai jenis primata seperti Siamang, Sarudung, kukang dll.

Fakta Tentang Orangutan. Banyak sekali fakta-fakta menarik… | by ... 2019, Sudah Tiga Orang Tewas Diterkam Harimau Sumatera, BBKSDA ... Seluk-beluk Hewan Tapir, Klasifikasi hingga Status Konservasi ...Rangkong Badak ini Hidup dalam Dunia 1 x 1 Meter : Mongabay.co.id

Jadi Hutan secara Umum itu apasihhhh? Mari kita bahas sekarangg...

Arti Hutan secara ilmiah 

Hutan adalah salat satu ekosistem yang sangat penting bagi bumi ini dengan lebat pepohonan dan tumbuhanHutan juga sebagai tempat tinggal dari berbagai jenis hewan mulai dari mamalia, reptil, hingga burung.

Hutan sangat identik dengan pohon pohon yang cukup rapat dan luas, seringkali terdiri atas tegakan tegakan yang beranekaragam sifat, seperti komposisi jenis, struktur, kelas umur dan proses proses yang berhubungan; pada umumnya mencakup: padang rumput, sungan, dan satwa liar. Hutan mencakup pula bentuk khusus, seperti hutan industri, hutan milik non-industri, hutan tanaman, hutan publik, hutan lindung, dan hutan kota." pengertian hutan yang disampaikan oleh Helms (1998)

Lantas apa saja sih keanekaragaman hayati hutan yang sebenarnya? 

keanekaragaman hayati hutan bukan hanya sekedar identik dengan pepohonan saja, banyak sekali komponen komponen yang berada di hutan, diantaranya ada 4: 

1.Hutan Hujan Tropis 

Hutan Hujan Tropis beserta Fakta dan Informasi Lengkapnya
source:www.1zoom.me


Hutan
hujan tropis adalah jenis hutan yang paling banyak berada di Indonesia. Pohon- pohon yang mendiami hutan ini cenderung besar dan tinggi. Jenis tanaman pada hutan ini heterogen atau banyak macamnya. Contoh tanaman yang mendiami hutan ini adalah pohon kemenyan, pohon rotan, pohon kamper, pohon damar, pohon eboni, dan pohon meranti.

2. Hutan Musim


Hutan musim - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
source: www.haikudeck.com


Hutan
musim adalah hutan yang bermusim. Maksud dari musim ini adalah, hutan ini akan menggugurkan daunnya saat musim kemarau dan kembali menjadi hutan lebat saat musim hujan. Hutan musim biasanya hanya di isi oleh satu jenis pohon saja. Tanaman yang biasanya berada di hutan ini adalah pohon jati dan pohon cemara.

3. Sabana

Sabana - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
source: id.wikipedia.org


Sabana adalah padang rumput yang diisi oleh rerumputan serta pohon- pohon berjenis pendek. Sabana memiliki perbenaan sangat signifikan di musim hujan dan musim kemarau. Dan saat musim hujan, curah hujan di sabana sangat tinggi tetapi tidak cukup tinggi untuk menjadi hutan hujan tropis.

4. Stepa

Stepa - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
source: id.wikipedia.org


Stepa adalah padang rumput yang sangat kering. Iklim di stepa sangat kering akibat curah hujan yang tidak tinggi. Hanya saja, sedikitnya curah hujan ini, tidak membuat stepa menjadi gurun. Biasanya stepa tidak memiliki pohon. Stepa hanya diisi oleh rumput- rumput berjenis pendek.


Manfaat Hutan secara umum

Apa manfaat hutan? Mari kita pelajari di sini apa manfaat kehidupan hutan, fungsi hutan untuk makhluk hidup adalah sebagai penyedia oksigen untuk bernapas, menyediakan sumber daya alam, dan juga sumber sumber obat obatan. 

Manfaat hutan bagi kehidupan manusia dan lingkungan tidak dapat dipisahkan dari luasnya hutan yang tersebar di muka bumi. Hutan menutupi sepertiga dari semua tanah di bumi, seluruh benua, kecuali antartika, memiliki hutan dengan katakter ekosistem masing masing. berbagai jenis hutan itu menyediakan daya dukung organik penting bagi berbagai jenis kehidupan di planet bumi. 

Fungsi dan peranan hutan sangat vital bagi kehidupan manusia dan kelanjutan planet bumi. fungsi hutan yang demikian penting bagi manusia yang menyebabkan Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal 21 Maret sebagai Hari Hutan Internasional. Penetapan ini dilakukan pertama kali pada akhir 2012. Penetapan Hari Hutan internasional ini merupakan bagian dari upaya global untuk mengkampanyekan kondisi dan arti penting hutan di seluruh dunia. Dan di Indonesia juga ada perayaan Hari Hutan Indonesia ,yakni hari raya bagi pengguna hutan di Indonesia yang di peringati setiap tanggal 7 Agustus. Tujuannya agar kita ingat, sadar, dan peduli bahwa kita punya hutan yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

Berdasarkan penjelasan di atas bisa diketahui jika hutan memiliki peran dan fungsi yang sangat penting bagi keseimbangan alam. Namun, belakangan ini kelestarian hutan semakin terganggu dengan kegiatan manusia yang merusak hutan untuk kebutuhan material

Penebangan hutan secara liar dan permbukaan hutan dengan cara dibakar membuat kelestarian hutan juga semakin terancam. Karena itu berbagai  upaya dan cara melestarikan hutan terus dilakukan untuk mengembalikan kelestarian hutan menjaga fungsinya.

Konkret Melindungi Hutan
source: www.hutanitu.id

Apakah kita akan terus melakukan penghancuran pohon dan tanaman di sekitar kita?  Marilah kita lindungi ekosistem hutan ini agar tetap lestari, maka kita semua berperan penting untuk melakukan Adopsi Hutan. Waww bukan hanya anak yang di adopsi tetapi hutan juga perlu di adopsi. Untuk itu saya aka jelaskan singkat apa sih Adopsi Hutan.

Adopsi Hutan demi Keanekaragaman Hayati Hutan Indonesia ...
 source: www.hutanitu.id

Adopsi hutan 

Adopsi hutan adalah gerakan gotong royong menjaga dan melestarikan hutan dengan cara menjaga pohon di hutan agar tetap tegak tanpa adanya penebangan pohon secara liar, melestarikan flora dan menjaga fauna yang ada di dalam hutan dengan cara tanpa adanya perburuan tumbuhan langka dan hewan secara sembarangan. Dengan adopsi hutan, tanpa sadar kita semua telah menjaga ekosistem di Indonesia agar tetap seimbang, bersama-sama dapat menikmati supply Oksigen, menjaga kelestarian bumi dan mencegah adanya Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) secara besar-besaran. Sebab dengan adanya Karhutla itu sangat merugikan bangsa Indonesia.https://harihutan.id

Marilah semua orang harus ikut serta dalam progam Adopsi Hutan ini untuk  menjaga semua kekayaan yang terkandung di dalam hutan seperti air, udara, habitat dengan berbagai flora dan fauna, sumber pangan, bahan obat obatan, sebagai alat penyerap karbondioksida hingga menjadi akar kebudayaan dan tempat tinggal orang orang pelosok.https://harihutan.id

Semoga kita semua sadar akan peduli terhadap Hutan kita semua agar tetap terjaga dan lestari. kalau bukan kita sendiri yang menjaga, mau siapa lagi. Sebab dengan menjaga hutan akan menjadikan hutan kita juara.


2 komentar:

Melestarikan Hutan

“Melestarikan Hutan Lewat Adopsi Hutan"

" Jagalah Hutan Maka Hutan Akan Menjaga Kita" #Melestarikan Hutan Lewat Adopsi Hutan disusun oleh azzamzaid10@gmail.com source: wa...